Home » » Inflasi Dan Pengaruhnya

Inflasi Dan Pengaruhnya


Inflasi adalah kecinderungan naiknya harga barang dan jasa yang pada umunya berlangsung terus menerus. jika inflasi meningkat maka harga barang dalam negeri pun akan mengalami kenaikan. Naiknya harga barang itu juga berarti menurunnya nilai mata uang. Dengan demikian inflasi dapat juga diartikan menurunya nilai mata uang terhadap barang dan jasa secara menyeluruh. 
Mata uang dari negara yang mengalami inflasi yang terlalu tinggi justru akan mengalami Depresiasi atau penyusutan.

Dampak depresiasi nilai tukar mata uang terhadap pertumbuhan ekonomi dapat dilihat melalui pengaruhnya terhadap pendapatan nasional. Secara sepintas nampaknya depresiasi  akan mendorong kenaikan volume ekspor dan menekan volume impor negara  yang mengalami depresiasi sehingga akan  meningkatkan pendapatan.Namun  dalam kenyataannya, dampak depresiasi tersebut dapat mempengaruhi neraca perdagangan melalui perubahan pada  terms of  trade, dan pengaruh ini tidak selamanya bersifat  positif.

Pengaruh depresiasi terhadap neraca perdagangan sangat   tergantung  pada   elastisitas  permintaan terhadap  ekspor  dan permintaan  terhadap impor. Semakin elastis  permintaan  impor  dan  permintaan ekspor, maka pengaruh neraca perdagangan  akan semakin  stabil (positif).

Selain itu, depresiasi  mungkin  akan memperburuk  nilai  tukar perdagangan internasional. Memburuknya nilai  tukar perdagangan ini  akan menyebabkan pengurangan cadangan devisa dan pada akhirnya akan menurunkan pendapatan nasional.

Krisis nilai tukar ini dapat memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam menentukan kebijakan di masa depan, maka upaya yang paling utama dan mendesak bagi Indonesia dewasa ini adalah program penyelamatan yang bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat serta menstabilkan kurs rupiah pada nilai tukar yang nyata.

Sedangkan sebaliknya mata uang dari negara yang punya inflasi yang rendah akan cinderung mengalami Apresiasi atau penguatan kurs.

Share this article :

1 komentar:

  1. Ane saat ini dimana merasakan kepuasan dan juga kenyamanan dengan dimana telah gabung nya bersama broker terbaik seperti ACY ini, dengan dimana cepat masalah nya eksekusi, layanan yang ramah, terpercaya dana trading, bonus yang ada juga menarik, dimana yang pasti ane benar benar merasakan kepuasan dan juga kenyamanan dengan telah gabung nya bersama broker terbaik seperti broker ACY ini

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Alternatif Bisnis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger